IDENTIFIKASI MENURUNNYA TEKANAN OLI PADA POMPA HIDROLIK TERHADAP SISTEM KERJA HATCH COVER DI MV. SRI WANDARI INDAH

AFIF, NUGROHO (2019) IDENTIFIKASI MENURUNNYA TEKANAN OLI PADA POMPA HIDROLIK TERHADAP SISTEM KERJA HATCH COVER DI MV. SRI WANDARI INDAH. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145334T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145334T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145334T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145334T_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Afif Nugroho, NIT : 51145334.T, 2018, “Identifikasi m Tekanan Oli pada Pompa hidrolik Terhadap Sistem Kerja Hatch Cover”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Agus Hendro Waskito.,M.M., M.Mar. E, Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, S.S., M.Pd Pompa hidrolik adalah pompa yang berfungsi untuk memasok fluida hidrolik pada tekanan yang telah ditentukan, serta untuk tenaga penggerak mekanik pada permesinan baik pada bagian deck maupun dalam kamar mesin. Pompa ini digerakkan oleh berbagai jenis tenaga penggerak, misalnya motor listrik atau sebuah mesin yang dihubungkan dengan sebuah sistem kopling serta ada juga yang menggunakan tekanan hidrolik. Sistem kopling yang digunakan dapat berupa belt, roda gigi serta pada pompa yang memanfaatkan tenaga hidrolik menggunakan tekanan minyak hidrolik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas hal-hal yang menyebabkan turunnya tekanan oli pada pompa hidrolik Hatch Cover, dampak yang di timbulkan dan upaya yang harus dilakukan agar tekanan oli dapat berjalan normal. Pompa hidrolik Hatch Cover diatas kapal merupakan salah satu mesin bantu yang memiliki peranan sangat penting untuk menutup maupun membuka tutup palka guna proses bongkar muat diatas kapal. Dalam hal ini penulis menggunakan metode Shel dan USG, dimana metode ini adalah untuk mencari sebab-akibat dari permasalahan dan mengambil beberapa faktor yang lebih dominan untuk dianalisa menggunakan USG untuk mencari permasalahan dan bagaimana mengatasinya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab turunnya tekanan oli hidrolik adalah kualitas oli hidrolik yang kurang bagus, padatnya jadwal operasional kapal, kurangnya skill atau kemampuan manusia, dan kurang berjalannya Standart Operasional Procedure (SOP). Ini ditandai dengan tidak normalnya suara pada pompa hidrolik Hatch Cover di karenakan tekanan oli yang tidak dapat mencapai batas minimum atau batas normal agar dapat mengoperasikan tutup palka. Cara untuk mengatasi permasalahan diatas adalah melakukan pembersihan serta perawatan secara periodik/berkala terhadap Hydraulic Hatch Cover Pump betul-betul dijaga terutma kebersihan Filter agar dapat menyaring kotoran-kotoran yang sengaja atau tidak sengaja masuk kedalam oli hidrolik. Gunakan oli hidrolik yang sesuai dengan ketentuan, dan mengganti O-Ring Seal dengan yang baru sebelum jam kerjanya. ABSTRACT Afif Nugroho, NIT: 51145334.T, 2018, "Identification of Oil Pressure on Hydraulic Pumps for Hatch Cover Work Systems", Thesis of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Agus Hendro Waskito., MM, M.Mar . E, Advisor II: Irma Shinta Dewi, S.S., M.Pd Hydraulic pump is a pump that serves to supply hydraulic fluid at a predetermined pressure, as well as for mechanical driving forces on machinery both on the deck and in the engine room. This pump is driven by various types of propulsion, for example an electric motor or a machine connected to a clutch system and some use hydraulic pressure. The clutch system used can be a belt, a gear or a pump that utilizes hydraulic power using hydraulic oil pressure. The purpose of this study is to discuss the things that cause a decrease in oil pressure on the Hatch Cover hydraulic pump, the impact caused and efforts that must be made so that oil pressure can run normally. Hatch Cover hydraulic pump on board is one of the auxiliary machines that has a very important role to close and open the hatch for the loading and unloading process on board. In this case the author uses the Shel and USG method, where this method is to look for the causes of problems and take several more dominant factors to be analyzed using USG to find problems and how to overcome them. The results obtained from this study indicate that the cause of the decrease in hydraulic oil pressure is the poor quality of hydraulic oil, the density of the ship's operational schedule, lack of human skills or abilities, and the lack of running of the Standard Operating Procedure (SOP). This is indicated by the abnormal sound of the Hatch Cover hydraulic pump due to oil pressure which cannot reach the minimum or normal limit so that it can operate the hatch cover. The way to overcome the above problems is to do periodic cleaning and maintenance of the Hydraulic Hatch Cover Pump which is really maintained due to the cleanliness of the filter so that it can filter out impurities that intentionally or unintentionally enter into the hydraulic oil. Use hydraulic oil that complies with the provisions, and replace the O-Ring Seal with new ones before working hours.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hydraulic Oil, Hatch Cover, Pompa Hidrolik, SHEL, USG Keywords: Hydraulic Oil, Hatch Cover, Hydraulic Pump, SHEL, USG.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:41
Last Modified: 04 Oct 2019 02:41
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item