IDENTIFIKASI KEGAGALAN UDARA PEJALAN MESIN INDUK MT.ONTARI

ADILA, ARIF M (2019) IDENTIFIKASI KEGAGALAN UDARA PEJALAN MESIN INDUK MT.ONTARI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145332T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145332T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145332T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145332T_Open_Access.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Adila Arif Mohammad Noor, 2019, NIT: 51145481 T, “Identifikasi Kegagalan udara pejalan mesin induk MT.ONTARI”, Skripsi Teknika, Program Diploma Program IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Amad Narto, M.Mar.E, M.Pd. Pembimbing II: Adi Oktavianto, S.T., M.M. Sistem udara pejalan adalah suatu sistem yang digunakan untuk menjalankan mesin induk, dimana udara bertekanan dari bejana udara yang memiliki tekanan sebesar 30 Bar disupply menuju mesin induk melalui distributor valve yang kemudian oleh distributor valve di bagi ke tiap silinder melalui starting air valve sesuai dengan firing order. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor penyebab mesin induk tidak dapat di start ketika olah gerak kapal 2) Dampak yang terjadi jika mesin induk gagal di start ketika olah gerak kapal 3) Upaya yang dilakukan agar mesin induk dapat di start. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini bersumber pada buku yang disusun oleh Jusak Johan Handoyo yang di beri judul Mesin Penggerak Utama Motor Diesel tahun 2014. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dengan mengamati pada saat perbaikan di MT. ONTARI. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data Software, Hardware, Environment dan Liveware (SHEL) dan Urgency, Seriousness dan Growth (USG). Hasil penelitian ini adalah kegagalan start mesin induk diakibatkan oleh korosi pada starting air valve sehinga starting air valve macet. Dampak dari macetnya starting air valve maka udara dari bejana udara tidak dapat di supply menuju silinder pada mesin induk. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kegagalan start mesin induk adalah dengan melakukan overhaul pada starting air valve, melakukan pengecekan, lapping starting air seat dan valve spindle,sebagai penghambat pembentukan korosi, dilakukan perawatan secara rutin dan memberi pelumas pada starting air valve. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegagalan start mesin induk MT.ONTARI disebabkan oleh katup udara pejalan yang macet yang berdampak pada offhire atau offcharter karena kapal tidak beroperasi. Saran agar tidak terjadi kegagalan start mesin induk adalah melakukan pengecekan seluruh sistem udara pejalan secara rutin, sesuai dengan jadwal pada Planned Maintenance System (PMS). ABSTRACT Adila Arif Mohammad Noor, 2019, NIT: 51145481 T, "Identification of Failure to Start MT.ONTARI Main Engine", Technical Thesis, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Adviser I: Amad Narto, M.Mar.E, M.Pd. Adviser II: Adi Oktavianto, S.T., M.M. Starting air system is a system that is used to run a parent engine, where pressurized air from an air vessel which has a pressure of 30 bars is supplied to the main engine through a valve distributor which is then distributed to each cylinder through the starting air valve according to the firing order. This study aims to find out: 1) Factors that cause the main engine can not be started when the ship moves 2) Impact that occurs if the main engine fails to start when the ship moves 3) Efforts are made so that the main engine can be started. The theoretical foundation used in the writing of this thesis is sourced from the book compiled by Jusak Johan Handoyo, which was named the Diesel Motorbike Mover Engine in 2014. The research method used is descriptive qualitative using data analysis techniques Software, Hardware, Environment and Liveware (SHEL) and Urgency, Seriousness and Growth (USG). Data collection is done by interviewing, documentation, observing by observing when repairs in MT. ONTARI. The results of this study are the failure of the main engine start caused by corrosion of the starting air valve so that the starting air valve is jammed. With congestion of the starting air valve, the air from the air vessel cannot be supplied to the cylinder on the main engine. Efforts to overcome the failure of the main engine start are by overhauling the starting air valve, checking, lapping the starting air seat and valve spindle, as a barrier to corrosion formation, routine maintenance and lubrication of the starting air valve. The conclusion of this study is the start failure of MT.ONTARI main engine caused by a jammed pedestrian air valve that has an impact on offhire or offcharter because the ship is not operating. The suggestion that there is no failure of the main engine start is to routinely check the entire airborne system, according to the schedule at the Planned Maintenance System (PMS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Starting air system, starting air valve, SHEL, USG, corrosion. Kata kunci: Starting air system, starting air valve, (SHEL), USG, korosi/corrosion.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:36
Last Modified: 04 Oct 2019 02:36
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item