ANALISIS OLAH GERAK KAPAL MV. CATHARINA SCHULTE SAAT MELINTASI EXPANDED PANAMA CANAL

AKBAR, MAULANA (2019) ANALISIS OLAH GERAK KAPAL MV. CATHARINA SCHULTE SAAT MELINTASI EXPANDED PANAMA CANAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img]
Preview
Text (51145273N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145273N_open_access.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Pdf (51145273N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145273N_skripsi_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Akbar Maulana, 2019, NIT: 51145273. N, “Analisis Olah Gerak Kapal MV. Catharina Schulte Saat Melintasi Expanded Panama Canal”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Mashudi Rofik M.Sc, M.Mar. Pembimbing II: Henny Wahyu W., M.Pd.. Olah gerak kapal merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh perwira jaga maupun awak kapal saat kapal akan memasuki Terusan Panama. Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya tubrukan kapal MV. Catharina Schulte dengan dinding lock pada saat melewati Terusan Panama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa kapal MV. Catharina Schulte menubruk dinding lock saat melewati Terusan Panama, untuk mengetahui faktor– faktor apa saja yang dapat mempengaruhi olah gerak kapal MV. Catharina Schulte sehingga menubruk dinding lock pada saat melewati Terusan Panama yang baru. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif yang merupakan metode yang menggambarkan tentang fakta-fakta yang terjadi di atas kapal dengan teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi peneliti dilapangan, wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan Nahkoda, Pandu, Mualim I, Mualim II, Mualim III, Bosun serta studi pustaka. Analisis data yang peneliti lakukan adalah dengan pengumpulan data yang kemudian data tersebut disajikan untuk ditarik kesimpulan dan Fishbone Analysis untuk mencari faktorfaktor yang dapat mempengaruhi olah gerak kapal selama berada di Terusan Panama. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapal MV. Catharina Schulte menubruk dinding lock saat melewati Terusan Panama karena mengalami over run pada saat hendak memasuki lock. Ditambah ketidakmampuan kapal tunda dalam menghentikan kapal karena kurangnya bollard pull yang dimiliki dan fender yang seharusnya dapat mencegah kapal menubruk dinding lock. Faktorfaktor yang dapat mempengaruhi kapal MV. Catharina Schulte sehingga menubruk dinding lock pada saat melewati Terusan Panama adalah Bollard pull kapal tunda tidak memadai, kondisi fender yang rusak, prosedur meluruskan kapal yang berbahaya, Pandu yang tidak memberikan informasi dengan baik, resiko terjadinya Girting atau Capsizing pada kapal tunda, terjadi interaksi hidrodinamika selama olah gerak, kecepatan angin yang tinggi, terjadi turbulensi di dalam lock dan kurangnya keahlian tug Master dan Pandu ABSTRACT Akbar Maulana, 2019, NIT: 51145273. N, “The Analysis of Ship Maneuver of MV. Catharina Schulte when Transitting Expanded Panama Canal”, Mini Thesis Nautical Department, Diploma IV Program, Merchant Marine Polytechnic Semarang, First Advisor I: Dr. Capt. Mashudi Rofik M.Sc, M.Mar. Second Advisor: Henny Wahyu W., M.Pd.. Ship maneuvering is one of the most important task to be carried out by Officer of the watch or other ship crew when transitting Panama Canal.The background of this study is collision between the ship and lock’s wall. The purposes of this study are to find out why MV. Catharina Schulte hit the lock wall when transitting the canal, and to find the factors that can affected MV. Catharina Schulte so the ship hit the locks wall when transitting Panama Canal. The method in this study is descriptive qualitative which is a method to described facts happenned onboard the ship with data collection technique by observation on the field, interview by writer with Master, Pilot, Chief Officer, Second Officer, Third Officer, Bosun and by literature study. Data analysis used in this study by data collection which then analyzed to find the conclusion and Fishbone Analysis to find the factors that can affected ship maneuverability in the Canal. The results of this study show that MV. Catharina Schulte collided with lock wall when transitting Panama Canal because of over run occured when entering the lock. And also the incapability of the tugboats to stop the ship because of lacked of bollard pull available and the broken fender which can prevent the ship to collided with the lock. Factors found can affected the ship when transitting Panama Canal are lack of bollard pull available on tugboats, condition of fenders are damaged, a dangerous ship alligning procedure, Pilot did not give correct information, risk of Girting and capsizing of tugboat, occurenced of hydrodinamic interactions during maneuver, high wind speed, turbulence inside the lock and lack of competency of tug Master and Pilot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Olah gerak kapal, Terusan Panama, Lock. Key words: Ship’s maneuver, Panama Canal, Lock.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:44
Last Modified: 24 Sep 2019 07:44
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item