OPTIMALISASI PENGAMANAN PELASHINGAN CONTAINER DI KAPAL MV. MERATUS SIKKA

ASMIN, SAPUTRA (2019) OPTIMALISASI PENGAMANAN PELASHINGAN CONTAINER DI KAPAL MV. MERATUS SIKKA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145239N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145239N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145239N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145239N_Open Access.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Asmin Saputra, NIT 51145239 N, 2019, “Optimalisasi Pengamanan Pelashingan Container di MV. Meratus Sikka”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. I Kadek Laju, S.H. M.M, M.Mar. dan Pembimbing II: Nur Rohma S.E, M.M. Ketika kapal berlayar dilaut, hantaman gelombang laut dapat menyebabkan gerakan rolling dan picthing pada kapal. Gerakan rolling dan picthing ini tidak hanya berbahaya terhadap muatan container karena bisa jatuh ke laut, tetapi juga mengganggu stabilitas kapal. Untuk itu penanganan muatan container harus lebih hati-hati untuk menjamin keamanan kapal dan muatannya pada saat berlayar. Di MV. Meratus Sikka sering ditemukan container diatas deck yang tidak di lashing, lashingannya longgar dan teknik pelashingannya tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pengamanan pelashingan container, dampak yang ditimbulkan jika pengamanan pelashingan container tidak dilaksanakan secara optimal, serta upaya yang dilakukan untuk pengamanan pelashingan container agar optimal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif, sedangkan analisisnya menggunakan metode Fishbone Analysis dan Foult Tree Analysis (FTA). Metode Fishbone Analysis digunakan untuk menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pengamanan pelashingan container dan metode Foult Tree Analysis digunakan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan jika pengamanan pelashingan container tidak dilaksanakan secara optimal. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pengamanan pelashingan container di atas kapal MV. Meratus Sikka adalah Machine/Tools (terbatasnya alat lashing container yang ada di atas kapal) dan Method (kesalahan prosedur dalam pengamanan pelashingan container). Dampak yang ditimbulkan jika pengamanan pelashingan container di kapal MV. Meratus Sikka tidak dilaksanakan secara optimal adalah membahayakan stabilitas kapal, membahayakan keselamatan awak kapal, Container jatuh ke laut. Upaya yang dilakukan untuk pengamanan pelashingan container di kapal MV. Meratus Sikka agar optimal adalah menambah cadangan alat lashing container yang ada di kapal, melakukan perawatan terhadap alat lashing container, menambah pengetahuan crew (ABK) tentang cara/prosedur lashing yang sesuai dengan standar internasioanal dan pengawasan terhadap proses lashing container oleh pihak kapal. Saran yang penulis sampaikan adalah Sebaiknya perusahaan pelayaran harus memberikan peralatan lashing yang cukup untuk melindungi seluruh container, mengganti peralatan lashing yang sudah tidak bagus kondisinya dan mengawasi crew kapal pada saat melakukan lashing agar sesuai dengan prosedur yang ada. ABSTRACT Asmin Saputra, NIT 51145239 N, 2019, “Optimization of Lashing Securing of Container on MV. Meratus Sikka”, Thesis of Nautical Study Program, Program Diploma IV, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisors I: Capt. I Kadek Laju, S.H. M.M, M.Mar. and Advisors II: Nur Rohma S.E, M.M. When the ship sails at sea, the impact of ocean waves can cause rolling and pitching movements on the ship. The rolling and picthing movement is not only dangerous for container loads because it can fall to the sea, but also disturbs the stability of ship. Therefore, the handling of container loads must be more careful to ensure the safety of the ship and its cargo when sailing. In the MV. Meratus Sikka there are often found in containers on deck that are not lashed, the lash is loose and the technique of lashing itself is not according to the procedures. This study aims to determine the factors that cause less optimal protection of container storage lashing, the impact if the protection of container lashing is not optimally implemented, and the efforts made to protect container storage to be optimally. This type of research is descriptive and qualitative method, while the analysis uses the Fishbone Analysis and Foult Tree Analysis (FTA) methods. The Fishbone Analysis method is used to analyze the factors that cause less optimal protection of container lashing and the Foult Tree Analysis method is used to determine the impact if container lashing protection is not carried out optimally. The results showed that the factors which caused less optimal security of container lashing on MV. Meratus Sikka is a Machine/Tools (limited container lashing devices on board) and Method (procedure error in securing container storage). The impact caused if security of container on MV. Meratus Sikka not implemented optimally is endangering the stability of the ship, endanger the safety of the crew, the container storage falling to the sea. Efforts were made to secure the release of containers lashing on the MV. Meratus Sikka is optimally adding spare of containers lashing equipment on the ship, maintain container lashing equipment, increase the knowledge of crew (ABK) about lashing methods/procedures that according to international standards and supervision of the container lashing process by the ship. The suggestion that the writer conveyed is that shipping companies should provide enough lashing equipment to protect all containers, replacing lashing equipment that is not in good condition and supervises the crew of the ship when lashing to conform with existing procedures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimalisasi, Pengamanan, Pelashingan Container. Keywords: Optimalized, Security, Container Lashing.
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:18
Last Modified: 16 Sep 2019 03:18
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item