FIKRI, HASAN ALBANA (2019) RUSAKNYA MECHANICAL SEAL FRESH WATER PUMP COOLING MAIN ENGINE BERPENGARUH TERHADAP MENINGKATNYA SUHU AIR PENDINGIN DI MT.GOLDEN PEARL XIV. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
|
Pdf (51145441T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145441T_Skripsi_Openaccess.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Pdf (51145441T_SKRIPSI_FULL_TEXT)
51145441T_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT Fikri Hasan Albana, 2019, NIT : 51145441.T, “Rusaknya mechanical seal fresh water pump cooling main engine berpengaruh terhadapmeningkatnya suhu air pendingin di MT.Golden Pearl XIV ”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Rahyono, S.P.1, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST, M.Si, M.Mar. On the MT.Golden Pearl XIV, the main engine as the main driving motor is very important machinery, an important part to support the condition of the main engine temperature in ideal conditionis is the cooling system, it is a system that serves to keep the temperature in ideal condition. There are 2 types of cooling system which are open and closed, on ships where cadets practice using a closed cooling system, the cooling system consist of several components so it is necessary to maintains the cooling system components in order to work optimally so as not to interfere with the performance of the main engine. He method used in this research in SHEL stand for(Software, Hardware, Environment, and Liveware) and USG Analysis (Urgency, Seriousness, Growth). The method of approach used in writting this essay is qualitative by using Urgency, Seriousness, Growth Analysis techiques. (USG) The USG method is one tool for arranging the order of priorites for issues that must be resolved. The way is to determine the level of emergency, seriousness and development of the issues by determining a scale of 1 to 5 or 1 to 10. The issues that has the highest total score is the issues of priority. The result obtained from this study that one part of the cooling system component is that the pump is damaged in the mechanical seal resulting in increased cooling water temperature, mechanical seal damage caused by the bearing on the fresh water cooling main engine pump is damaged and causes the rotating pump shaft to rotate abnormal so this result in mechanical seal damage because there is more friction than the pump shaft to the mechanical seal. Is necessary to replace the damage mechanical seal, and schedule maintenance at the cooling water pump so that there are not problem needed. ABSTRAKSI Fikri Hasan Albana, 2019, NIT : 51145441.T, “Rusaknya mechanical seal fresh water pump cooling main engine berpengaruh terhadapmeningkatnya suhu air pendingin di MT.Golden Pearl XIV ”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Rahyono, SP.1, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II: Capt. Firdaus Sitepu, S.ST, M.Si, M.Mar. Di kapal MT.Golden Pearl XIV, Mesin induk sebagai motor penggerak utama merupakan permesinan yang sangat penting, bagian penting untuk menunjang kondisi dari mesin induk adalah sistem pendingin, sistem pendingin adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Terdapat 2 tipe sistem pendingin yaitu terbuka dan tertutup, di kapal tempat taruna praktek menggunakan sistem pendingin tertutup, sistem pendingin terdiri dari beberapa komponen sehingga perlu dilakukan perawatan pada komponen sistem pendingin agar dapat bekerja dengan optimal sehingga tidak mengganggu kinerja dari mesin induk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SHEL adalah singkatan dari (Software, Hardware, Environment, dan Liveware) dan Analisis USG (Urgency, Seriousness, Growth) Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Urgency, Seriousness, Growth (USG). Metode USG adalah salah satu alat untuk menyusun urutan perioritas isu yang harus diselesaikan. Caranya dengan menentukan tingkat kegawatan, keseriusan, dan perkembangan isu dengan menentukan skala nilai 1 sampai 5 atau 1 sampai 10. Isu yang memiliki total skor tertinggi merupakan isu perioritas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa salah satu bagian dari komponen sistem pendingin yaitu pompa mengalami kerusakan pada mechanical seal sehingga mengakibatkan suhu air pendingin meningkat, rusaknya mechanical seal disebabkan bearing pada pompa fresh water cooling main engine rusak dan menyebabkan putaran shaft pompa berputar tidak normal sehingga hal ini mengakibatkan kerusakan mechanical seal karena adanya gesekan lebih dari shaft pompa ke mechanical seal perlu di adakan penggantian pada mechanical seal yang mengalami kerusakan, serta mengatur jadwal perawatan pada pompa air pendingin agar tidak terjadi masalah yang tidak di inginkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Sistem pendingin, Pompa, Mechanical seal. Key words : Cooling system, Pump, Mechanical seal |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 06:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 06:30 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
View Item |