ANALISIS PENGARUH KURANG OPTIMALNYA OVERHAUL TERHADAP MELELEHNYA PISTON CYLINDER NO. 6 AUXILIARY ENGINE DI KAPAL MT. PLAJU

MOH, FAJAR KRISTANTO (2019) ANALISIS PENGARUH KURANG OPTIMALNYA OVERHAUL TERHADAP MELELEHNYA PISTON CYLINDER NO. 6 AUXILIARY ENGINE DI KAPAL MT. PLAJU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img]
Preview
Text (50134973T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
50134973_Open_Access.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Pdf (50134973T_SKRIPSI_FULL_ACCES)
50134973_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Moh Fajar Kristanto, NIT. 50134973.T, 2018 “Analisis Pengaruh Kurang Optimalnya Overhaul Terhadap Melelehnya Piston Cylinder No. 6 Auxiliary Eengine di Kapal MT. Plaju”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E., dan Pembimbing II: Dr. Winarno, S.ST., M.H. Dalam rangka perawatan dan overhaul yang dilakukan apabila sebuah mesin telah mencapai batas running hours maka diperlukan persiapan yang dapat menunjang kelancaran dari overhaul agar tidak teradi kerusakan yang terjadi setelah mesin selesei di overhaul, terutama piston yang dalam sistem bekerja terus menerus melakukan kompresi tinggi selama mesin itu beroperasi maka perawatan dan penanganan harus lebih ditingkatkan demi kelancaran kerja auxiliary engine, apabila terjadi kelalaian saat melakukan overhaul maka akibat yang timbull adalah seperti melelehnya piston. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode SHEL untuk memetakan masalah dan menggunakan metode USG untuk pembahasan. Teknik pengumpulan data berupa pendekatan terhadap obyek melalui observasi, wawancara serta studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan melelehnya piston auxiliary engine , apa dampak yang ditimbulkan dari faktor melelehnya piston auxiliary engine dan apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor melelehnya piston auxiliary engine. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penyebab melelehnya piston auxiliary engine adalah overhaul yang tidak sesuai dengan repaire manual book, adanya perbedaan ketebalan dari gasket cylinder head, tekanan pendingin air tawar yang kurang dan kurangnya pengetahuan. Hal tersebut berdampak pada melelehnya piston auxiliary engine dan upaya yang dilakukan untuk menghindari terjadinya melelehnya auxikiary engine adalah dengan melakukan pemahaman repair manual book dengan baik, teliti terhadap komponen yang akan dipasang, melakukan perawatan berskala rutin terhadap pompa pendingin air laut, memberikan latihan dan ujian serta melakukan familiarisasi dengan baik terhadap permesinan di atas kapal. ABSTRACT Moh Fajar Kristanto, NIT. 50134973.T, 2018 "Analysis of the Effect of Less Optimal Overhaul on Melting Pistons Cylinder No. 6 Auxiliary Engine on MT Ships. Plaju ", Diploma IV Technical Department, Semarang Marchant Marine Polytechnic, Advisor I: Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E and Advisor II: Dr. Winarno, S.ST., M.H. In the context of maintenance and overhaul if a machine has reached the running hours limit, preparation is needed to support the smooth running of the overhaul so that damage does not occur after the engine has been overhauled, especially the piston in the system continues to perform high compression during the engine operate then care and handling must be further improved for the smooth operation of the auxiliary engine, if there is negligence when overhauling, the result is the melting of the piston. In this case the researcher uses the SHEL method to map problems and use the ultrasound method for discussion. Data collection techniques in the form of approaches to objects through observation, interviews and literature. The purpose of this research is to find out what factors cause melting of the auxiliary engine piston, what impact is caused by the melting factor of the piston auxiliary engine and what efforts are made to overcome the melting factor of the piston auxiliary engine. Based on the results of this research, it was concluded that the cause of melting of the auxiliary engine piston is an overhaul that does not match the manual book repaire, there are differences in the thickness of the cylinder head gasket, the lack of fresh water cooling pressure, and lack of knowledge. This has an impact on the melting of the auxiliary engine piston and the efforts made to avoid the melting of the auxikiary engine are to understand the manual repair book properly, be careful of the components to be installed, perform routine scale maintenance of the seawater cooling pump, provide training and examinations and familiarize well with machinery on board.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: overhaul, piston, auxiliary engine. Kata Kunci : overhaul, piston, auxiliary engine.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 09 Jul 2019 06:30
Last Modified: 09 Jul 2019 06:30
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item