Implementasi Keselamatan Pelayaran terhadap Kecelakaan Kapal oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten

Satria, Adiwidya M (2018) Implementasi Keselamatan Pelayaran terhadap Kecelakaan Kapal oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (prosiding)
PROSIDING - SATRIA ADIWIDIA M
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten yang memiliki wewenang dan tanggung jawab terhadap segala aktifitas arus pelayaran terutama terhadap keselamatan pelayaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan kapal di perairan Banten 2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk peningkatan keselamatan pelayaran terhadap kecelakaan kapal di perairan Banten Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini ditulis secara deskriptif yang berisi uraian dari narasumber dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder. Proses pengumpulan data melalui pendekatan terhadap obyek yang diteliti menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Peneliti juga menggunakan observasi langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian ini adalah: 1) faktor kelalaian manusia terhadap pengoperasian kapal oleh awak kapal akibat kelalaian terhadap keselamatan pelayaran 2) faktor alam atau cuaca buruk yang terjadi angin kencang dan alun gelombang laut 3) faktor lainnya yaitu kurangnya pemeriksaan terhadap angkutan laut dibuktikan oleh sertifikat kapal yang perlu diperiksa dan diperbarui, pelaksanaan perawatan bagian-bagian di atas kapal yang kurang maksimal. Upaya yang dilakukan dalam peningkatan keselamatan pelayaran yaitu 1) melakukan langkah-langkah strategis dari segi teknis maupun non teknis yaitu memeriksa keahlian terhadap awak kapal 2) melihat informasi cuaca oleh BMKG 3) melakukan perawatan dan pemeriksaan di atas kapal agar aman dalam pengoperasian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan dan saran yaitu faktor penyebab kecelakaan kapal adalah faktor kelalaian manusia, faktor alam dan faktor lainnya, upaya yang dilakukan untuk peningkatan keselamatan pelayaran yaitu melakukan pengawasan terhadap keahlian awak kapal, memberikan informasi mengenai cuaca, melaksanakan pemeriksaan terhadap kelaikan kapal. Saran ditujukan kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 1 Banten dan Perusahaan Pelayaran supaya lebih melakukan pengawasan terhadap kelaikan kapal dan keahlian awak kapal. Kata kunci: Keselamatan Pelayaran, Kecelakaan Kapal, Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Pelayaran, Kecelakaan Kapal, Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan
Subjects: Prosiding
Prosiding > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email dannupurwanto07@gmail.com
Date Deposited: 18 Feb 2019 03:56
Last Modified: 18 Feb 2019 03:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item