Analisa penurunan tekanan sirkulasi bahan bakar akibat kerusakan circulation pump di MT.Kuang

GENTAR, RIYADHI (2018) Analisa penurunan tekanan sirkulasi bahan bakar akibat kerusakan circulation pump di MT.Kuang. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING GENTAR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Circulation pump merupakan permesinan yang terdapat pada sistem bahan bakar yang berfungsi mengsirkulasi bahan bakar, disebut circulation pump karena sisa bahan bakar dari injector yang tidak di salurkan ke dalam ruang bakar akan mengalir kembali ke pompa dan akan di pompakan lagi ke dalam sistem bahan bakar. Tersedianya bahan bakar merupakan hal yang mutlak bagi kelancaran operasional mesin diesel penggerak utama yang membutuhkan bahan bakar untuk dijadikan tenaga pembakaran di dalam mesin diesel penggerak utama tersebut. Tekanan yang digunakan pada proses sirkulasi bahan bakar tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin diesel penggerak utama. Adanya kerusakan circulation pump dapat mempengaruhi pengoperasian mesin diesel penggerak utama, sehingga tekanan pompa harus selalu dijaga. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitaf. Dalam hal ini penulis menggunakan metode streng,weakness,opportunities,and threat (SWOT) sebagai teknik analisa data untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan circulation pump dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor tersebut dengan mengidentifikasi kekuatan-kekuatan (strenghts), kelemahan-kelemahan (weaknesses), peluangpeluang (opportunities), serta ancaman-ancaman (threats) dari lingkungan secara sistematis untuk merumuskan strategi yang akan diambil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa kerusakan pada circulation pump disebabkan oleh dua faktor, yaitu 1) Keausan pada bearing/bushing shaft pompa sehingga menimbulkan getaran atau vibration berlebih pada pompa menyebabkan menurunnya tekanan kerja pompa. 2) Rusaknya mechanical seal membuat keluarnya cairan bahan bakar dari sela-sela poros pompa. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan penggantian bushing/bearing, penggantian mechanical seal pada pompa, dan pemberian pelumas grease secara berkala. Kata kunci: pompa, bahan bakar, SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : pompa, bahan bakar, SWOT.
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:02
Last Modified: 15 Feb 2019 07:02
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item