Penyebab patahnya ring piston mesin induk type MAK M601 C Silinder No. 6

DIDIK, PRAYOGO UTAMA (2018) Penyebab patahnya ring piston mesin induk type MAK M601 C Silinder No. 6. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING ON PROGRES TERBARU PDF.PDF
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Mesin induk adalah suatu mesin yang berfungsi untuk menghasilkan daya dorong terhadap kapal sehingga kapal dapat bergerak maju atau mundur. Permasalahan yang terjadi pada mesin induk di KM. Hijau Segar dengan tipe MAK M601C mengalami permasalahan pada ring piston silinder No.6 yang dapat mengganggu sistem pengoperasian kapal, sehingga diperlukan adanya perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode SWOT (Strengths, Weakness ,Opportunities, Treats) yang digunakan untuk memecahkan masalah dari yaitu suatu pola atau struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan yang menyeluruh. Dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan patahnya ring piston adalah, sisa pembakaran dalam silinder masuk ke dalam groove dan kurangnya perawatan, dari mesin induk. Hal ini berdampak pada turunnya tekanan kompresi sehingga menyebabkan kegagalan start, pembakaran tidak maksimal, dan tenaga dari mesin induk menurun. Adapun upaya yang di lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan pada sistem oli silinder, pembersihan pada piston, piston groove, ring piston dan perawatan sesuai jadwal. Kata Kunci : Mesin induk, Metode SWOT, Ring piston

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mesin induk, Metode SWOT, Ring piston
Subjects: Prosiding
Prosiding > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:22
Last Modified: 15 Feb 2019 06:47
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item