OVERFLOW DI MT. MERBAU SAAT PEMUATAN SOLAR

HARDIYANTO, HARDIYANTO (2018) OVERFLOW DI MT. MERBAU SAAT PEMUATAN SOLAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING - HARDIYANTO - NIT.49124449.N
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstraksi - Dalam pelaksanaan pemuatan di kapal oil tanker sangatlah kompleks, untuk itu perwira dan ABK diharuskan mampu melaksanakan pemuatan dengan baik agar tidak terjadi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan dilakukan pengawasan yang baik maka proses pemuatan dan dapat berjalan dengan lancar, sehingga menghindari terjadinya kecelakaan adalam pelaksanaan pemuatan. Salah satu kecelakaan yang dapat terjadi di kapal tanker dalam pelaksanaan pemuatan adalah overflow. Penelitan ini di lakukan di atas kapal MT. Merbau selama 15 bulan 13 hari. Metode yang di gunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci untuk menganalisa penyebab utama terjadinya overflow di atas kapal MT. Merbau. Data yang di dapat penulis dalam melakukan penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari pengamatan secara langsung (Observasi, dokumentasi, dan wawancara). Data sekunder terdiri dari studi pustaka yang di dapat dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan cargo overflow pada saat pemuatan solar adalah karena gagalnya pembacaan dari cargo level di tangki muatan 4S yang ditampilkan di level meter pada tank capasity pada saat pelaksanaan pemuatan. Tinggi muatan yang sebenarnya di dalam tangki lebih tinggi dari pada pembacaan yang ditampilkan oleh cargo level. Kesalahan pembacaan ini tidak disadari dan dengan cepat muatan segera luber menyebabkan cargo overflow pada tangki muatan 4S dan tdak berfungsinya cargo control room. Kata Kunci : Abstraksi - Dalam pelaksanaan pemuatan di kapal oil tanker sangatlah kompleks, untuk itu perwira dan ABK diharuskan mampu melaksanakan pemuatan dengan baik agar tidak terjadi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan dilakukan pengawasan yang baik maka proses pemuatan dan dapat berjalan dengan lancar, sehingga menghindari terjadinya kecelakaan adalam pelaksanaan pemuatan. Salah satu kecelakaan yang dapat terjadi di kapal tanker dalam pelaksanaan pemuatan adalah overflow. Penelitan ini di lakukan di atas kapal MT. Merbau selama 15 bulan 13 hari. Metode yang di gunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci untuk menganalisa penyebab utama terjadinya overflow di atas kapal MT. Merbau. Data yang di dapat penulis dalam melakukan penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari pengamatan secara langsung (Observasi, dokumentasi, dan wawancara). Data sekunder terdiri dari studi pustaka yang di dapat dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan cargo overflow pada saat pemuatan solar adalah karena gagalnya pembacaan dari cargo level di tangki muatan 4S yang ditampilkan di level meter pada tank capasity pada saat pelaksanaan pemuatan. Tinggi muatan yang sebenarnya di dalam tangki lebih tinggi dari pada pembacaan yang ditampilkan oleh cargo level. Kesalahan pembacaan ini tidak disadari dan dengan cepat muatan segera luber menyebabkan cargo overflow pada tangki muatan 4S dan tdak berfungsinya cargo control room. Kata Kunci : Overflow, Solar. Pemuatan, Cargo control room..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Overflow, Solar. Pemuatan, Cargo control room
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:24
Last Modified: 14 Feb 2019 09:24
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item