MEMPERTAHANKAN POSISI KAPAL PADA SAAT SNATCHING RIG GUNA MELAKUKAN BONGKAR MUAT

ANGGARDIO, DECKY PRADANA RHESYNDO (2015) MEMPERTAHANKAN POSISI KAPAL PADA SAAT SNATCHING RIG GUNA MELAKUKAN BONGKAR MUAT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING - ANGGARDIO DECKY PRADANA RHESYNDO - NIT.47103683.N
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Abstrak-Olah gerak kapal didekat Rig (snatching) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kapal-kapal offshore di lokasi pengeboran minyak lepas pantai. Tidak mudah untuk melakukan snatching. Selain harus memiliki keahlian khusus, orang yang melakukan snatching juga harus mengerti karakter kapal yang dikendalikan dan keadaan cuaca disekitarnya. Dalam melakukan olah gerak kapal AHTS terdapat faktor yang sangat berpengaruh, yakni faktor dari dalam dan faktor dari luar kapal. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara langsung terhadap subyek, serta menggunakan dokumen. Hasil analisis, faktor penting dalam mengolah gerak kapal saat snatching yaitu, bentuk kapal, jenis dan kekuatan mesin utama, baling-baling, tipe daun kemudi, keadaan laut, keadaan perairan, kemampuan dan pengalaman dalam berolah gerak. Penulis menyarankan nakhoda atau perwira kapal yang akan melaksanakan snatching harus mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan, melakukan pengamatan cuaca dan keadaan peraian disekitarnya. Kata kunci : Snatching, Rig, Kendala.Abstrak-Olah gerak kapal didekat Rig (snatching) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kapal-kapal offshore di lokasi pengeboran minyak lepas pantai. Tidak mudah untuk melakukan snatching. Selain harus memiliki keahlian khusus, orang yang melakukan snatching juga harus mengerti karakter kapal yang dikendalikan dan keadaan cuaca disekitarnya. Dalam melakukan olah gerak kapal AHTS terdapat faktor yang sangat berpengaruh, yakni faktor dari dalam dan faktor dari luar kapal. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara langsung terhadap subyek, serta menggunakan dokumen. Hasil analisis, faktor penting dalam mengolah gerak kapal saat snatching yaitu, bentuk kapal, jenis dan kekuatan mesin utama, baling-baling, tipe daun kemudi, keadaan laut, keadaan perairan, kemampuan dan pengalaman dalam berolah gerak. Penulis menyarankan nakhoda atau perwira kapal yang akan melaksanakan snatching harus mempersiapkan seluruh peralatan yang akan digunakan, melakukan pengamatan cuaca dan keadaan peraian disekitarnya. Kata kunci : Snatching, Rig, Kendala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Snatching, Rig, Kendala
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email dannupurwanto07@gmail.com
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:16
Last Modified: 14 Feb 2019 02:16
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item