MEMPERTAHANKAN POSISI KAPAL SAAT MELAKSANAKAN OLAH GERAK SNATCHING DI KAPAL AHTS. ERA MARITIM UNTUK RIG ENSCO 67

AFRIZAL, RIAUNDA RUMIKI (2016) MEMPERTAHANKAN POSISI KAPAL SAAT MELAKSANAKAN OLAH GERAK SNATCHING DI KAPAL AHTS. ERA MARITIM UNTUK RIG ENSCO 67. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING - AFRIZAL RIAUNDA RUMIKI - NIT.48113978.N
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Olah gerak snatching merupakan kegiatan yang khusus dilakukan oleh kapal-kapal supply terutama kapal jenis AHTS dimana pekerjaan ini sangat riskan dan membahayakan. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada saat akan memindahkan muatan ataupun passanger dari kapal ke lokasi pengeboran (platform) maupun sebaliknya. Dalam mengolah gerak kapal AHTS saat snatching terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap olah gerak. Selain faktor-faktor tersebut hal yang sama pentingnya yaitu bagaimana berolah gerak. Dari halhal di atas penulis mengangkat rumusan masalah yang akan dibahas dalam penulisan peneiitian ini yaitu sebagai berikut, faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengolah gerak kapal saat snatching dan bagaimanakah olah gerak yang dibutuhkan dalam mempertahankan posisi kapal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mencari faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengolah gerak kapal saat snatching dan kemudian mencari solusi atau upaya untuk mempertahankan posisi kapal agar penundaan berjalan dengan lancar dan aman. Penelitian ini juga disebut sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan, pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Dari rumusan masalah yang ada penulis menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam mengolah gerak kapal saat snatching ada dua yaitu, faktor dari dalam: bentuk kapal, jenis dan kekuatan mesin utama, jenis dan tipe baling-baling, jenis dan tipe daun kemudi dan thruster, dan faktor dari luar: keadaan laut serta keadaan perairan. Selain faktor-faktor di atas hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan dan pengalaman dalam berolah gerak sehingga pada saat pelaksanaan akan berjalan lancar. Kata kunci : Upaya mempertahankan posisi, Rig Ensco 67, AHTS. Era Maritim

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya mempertahankan posisi, Rig Ensco 67, AHTS. Era Maritim
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:43
Last Modified: 13 Feb 2019 10:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item